ANALISIS SKRIPSI

Analisis Skripsi “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-learning berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan”

ABSTRAK
Penelitian yang disusun peneliti bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran e-learning berbasis web pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalasan yang apabila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dari sekolah tersebut. Dalam penelitiannya, peneliti menggunakan metode penelitian quasi eksperimen dengan sampel penelitian adalah kelas XA dan XB SMA Negeri 1 Kalasan. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Hal tersebut dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas media pembelajaran e-learning berbasis web dan media pembelajaran konvensional berdasarkan kriteria hasil belajarnya. Untuk lebih lengkapnya bisa di klik di sini
Kata kunci: media pembelajaran, e-learning, konvensional, hasil belajar.

PEMBAHASAN
Peneliti melakukan eksperimen terhadap dua kelas, yaitu kelompok eksperimen (XA) dengan jumlah siswa 32 orang yang diberi perlakuan dengan pembelajaran e-learning, sedangkan pada kelompok kontrol (XB) sebagai kelompok pembanding dengan jumlah siswa 29 orang diberikan perlakuan menggunakan media pembelajaran konvensional. Dilakukan penelitian terhadap sampel selama masing-masing empat kali pertemuan untuk kompetensi dasar animasi transisi sederhana dan hyperlink pada presentasi Power Point 2007. Data hasil penelitian yang digunakan adalah berbentuk skor pretest, skor posttest, dan skor gain. Skor gain diperoleh dari selisih antara skor pretest dan skor posttest, baik siswa yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran e-learning ataupun siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran konvensional.
Pada penelitian ini peneliti mengambil sampel penelitian siswa kelas X karena pada tahapan ini e-learning sebagai media baru dalam metode penyampaian pembelajaran bagi siswa yang pada tahapan ini masih dalam tahap penyesuaian dan pengadaptasian dengan metode pembelajaran yang baru tersebut serta dibutuhkan kondisi psikologis yang baik.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian quasi experimental yang merupakan pengembangan dari metode true experimental dengan desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design.
Dari data hasil belajar siswa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas ekperimen dan kontrol. Pada skripsi ini, peneliti juga melakukan beberapa pengujian Pretest dan Posttest diantaranya uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji kesamaan kelas ekperimen dan kelas kontrol. Setelah dilakukan eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran e-learning pada kelas ekperimen dan perlakuan dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, menunjukkan bahwa hasil belajar akhir kedua kelompok mengalami perbedaan. Perbedaan hasil belajar ditunjukkan oleh nilai rata-rata kelas eksperimen 86,09 sedangkan pada kelas kontrol 80,34.   

KESIMPULAN
Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat ditarik kesimpulan bahwa skripsi ini memberikan informasi penting bahwa penggunaan media pembelajaran e-learning sangat membantu siswa dalam belajar dibandingkan dengan media pembelajaran yang konvensional. Selain itu, terdapat peningkatan keaktifan siswa dalam kelas, baik dalam hal bertanya maupun mempresentasikan tugas yang telah diselesaikannya. Kelebihan lainnya adalah tugas siswa menjadi lebih variatif dan kreatif karena siswa memiliki sumber belajar yang luas sehingga memiliki referensi materi lebih banyak dibandingkan siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional dan juga keunggulan siswa yang menggunakan e-learning adalah para siswa memiliki kemampuan yang lebih dalam berinteraksi dengan internet dan penggunaannya.
Namun skripsi ini juga memiliki keterbatasan dalam penelitian yaitu dari segi pelaksanaan teknis dan pengontrolan variabel. Diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat mengatasi keterbatasan yang terdapat pada skripsi ini.

SUMBER
Skripsi yang ditulis oleh:
Ramadhani, M. (2012). Efektifitas penggunaan media pembelajaran E-learning berbasis web pada pelajaran teknologi informasi dan komunikasi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri Kalasan. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar