Analisis
Skripsi “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-learning berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan”
ABSTRAK
Penelitian
yang disusun peneliti bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media
pembelajaran e-learning berbasis web
pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap hasil belajar siswa
kelas X SMA Negeri 1 Kalasan yang apabila dibandingkan dengan pembelajaran
konvensional dari sekolah tersebut. Dalam penelitiannya, peneliti menggunakan
metode penelitian quasi eksperimen dengan sampel penelitian adalah kelas XA dan
XB SMA Negeri 1 Kalasan. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest
control group design. Hal tersebut dilakukan untuk mengukur perbedaan
efektivitas media pembelajaran e-learning
berbasis web dan media pembelajaran konvensional berdasarkan kriteria hasil
belajarnya. Untuk lebih lengkapnya bisa di klik di sini
Kata
kunci: media pembelajaran, e-learning,
konvensional, hasil belajar.
PEMBAHASAN
Peneliti
melakukan eksperimen terhadap dua kelas, yaitu kelompok eksperimen (XA) dengan
jumlah siswa 32 orang yang diberi perlakuan dengan pembelajaran e-learning, sedangkan pada kelompok
kontrol (XB) sebagai kelompok pembanding dengan jumlah siswa 29 orang diberikan
perlakuan menggunakan media pembelajaran konvensional. Dilakukan penelitian
terhadap sampel selama masing-masing empat kali pertemuan untuk kompetensi
dasar animasi transisi sederhana dan hyperlink pada presentasi Power Point 2007. Data hasil penelitian
yang digunakan adalah berbentuk skor pretest,
skor posttest, dan skor gain. Skor gain diperoleh dari selisih antara skor pretest dan skor posttest,
baik siswa yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran e-learning ataupun siswa yang belajar
menggunakan media pembelajaran konvensional.
Pada
penelitian ini peneliti mengambil sampel penelitian siswa kelas X karena pada
tahapan ini e-learning sebagai media
baru dalam metode penyampaian pembelajaran bagi siswa yang pada tahapan ini
masih dalam tahap penyesuaian dan pengadaptasian dengan metode pembelajaran
yang baru tersebut serta dibutuhkan kondisi psikologis yang baik.
Pada
penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian quasi experimental yang merupakan pengembangan dari metode true experimental dengan desain
eksperimen Pretest-Posttest Control Group
Design.
Dari
data hasil belajar siswa terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas
ekperimen dan kontrol. Pada skripsi ini, peneliti juga melakukan beberapa
pengujian Pretest dan Posttest diantaranya uji normalitas
data, uji homogenitas data, dan uji kesamaan kelas ekperimen dan kelas kontrol.
Setelah dilakukan eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran e-learning pada kelas ekperimen dan
perlakuan dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, menunjukkan
bahwa hasil belajar akhir kedua kelompok mengalami perbedaan. Perbedaan hasil
belajar ditunjukkan oleh nilai rata-rata kelas eksperimen 86,09 sedangkan pada
kelas kontrol 80,34.
KESIMPULAN
Dari
penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat ditarik kesimpulan bahwa skripsi
ini memberikan informasi penting bahwa penggunaan media pembelajaran e-learning sangat membantu siswa dalam
belajar dibandingkan dengan media pembelajaran yang konvensional. Selain itu,
terdapat peningkatan keaktifan siswa dalam kelas, baik dalam hal bertanya
maupun mempresentasikan tugas yang telah diselesaikannya. Kelebihan lainnya
adalah tugas siswa menjadi lebih variatif dan kreatif karena siswa memiliki
sumber belajar yang luas sehingga memiliki referensi materi lebih banyak
dibandingkan siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional dan juga
keunggulan siswa yang menggunakan e-learning
adalah para siswa memiliki kemampuan yang lebih dalam berinteraksi dengan
internet dan penggunaannya.
Namun
skripsi ini juga memiliki keterbatasan dalam penelitian yaitu dari segi
pelaksanaan teknis dan pengontrolan variabel. Diharapkan untuk peneliti
selanjutnya dapat mengatasi keterbatasan yang terdapat pada skripsi ini.
SUMBER
Skripsi
yang ditulis oleh:
Ramadhani,
M. (2012). Efektifitas penggunaan media
pembelajaran E-learning berbasis web pada pelajaran teknologi informasi dan
komunikasi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri Kalasan.
Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
0 komentar:
Posting Komentar