Analisis Skripsi “Analisis dan Perancangan Sistem Pakar dalam Perekrutan Karyawan Pada PT. Sharp Yasonta Indonesia”

ABSTRAK
Dalam melakukan proses perekrutan, banyak perusahaan masih menggunakan cara manual dan terkadang terdapat kesalahan dalam penempatan karyawan. Oleh karena itu dibangun suatu sistem yang dapat membantu bagian HRD dalam proses perekrutan sehingga karyawan ditempatkan secara tepat sesuai dengan kemampuan dan kepribadiannya.

Sistem pakar menggabungkan pengetahuan dan pengalaman pakar dengan kemampuan komputer untuk membangun basis pengetahuan. Pada proses perekrutan ini model representasi pengetahuan yang digunakan adalah propositional logic. Setelah itu dibuatlah sebuah mesin inferensi dengan menggunakan teknik pengontrolan Forward Chaining serta menggunakan Certainty Factor. Sistem pakar ini juga dilengkapi dengan User Interface dan fasilitas Explanation Sub System.
Kata Kunci: Sistem Pakar, Perekrutan Karyawan, Propositional Logic, Certainty Factor, Forward Chaining.

PEMBAHASAN

Pada perusahaan-perusahaan sering kali ditemukan penempatan karyawan yang tidak sesuai dengan kemampuannya sehingga kinerja dari perusahaan menjadi tidak efisien. Selain itu untuk merekrut karyawan diperlukan banyak waktu dan banyak orang yang harus mengawasi pelaksanaan perekrutan tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti bertujuan agar sistem pakar ini dapat menggantikan keberadaan bagian personalia apabila berhalangan hadir ketika perekrutan dan membantu perusahaan dalam memilih calon karyawan berdasarkan kriteria dan kepribadian serta kemampuan yang dimiliki oleh calon karyawan.

Dalam penelitian yang dilakukan peneliti digunakan model representasi propositional logic menggunakan teknik pengontrolan Forward Chaining dan Certainty Factor. Pada skripsi ini dilakukan analisis dan perancangan sistem pakar dalam perekrutan karyawan. Di mana analisis sistemnya melalui struktur organisasi, spesifikasi pekerjaan pada setiap divisi, dan prosedur perekrutan karyawan PT Sharp Yasonta Indonesia. Sedangkan perancangan sistemnya melalui akuisisi pengetahuan, representasi pengetahuan yang terdiri dari perancangan database dan basis pengetahuan, mesin inferensi, antar muka pemakai (interface user), explanation sub-system, dan rancangan layar. Pada penelitian ini juga diberikan evaluasi berupa kasus-kasus mengenai sistem pakar dalam perekrutan karyawan.

KESIMPULAN
Aplikasi sistem pakar ini dapat membantu dan memudahkan bagian HRD dalam melakukan perekrutan dan memperkecil kemungkinan terjadinya kesalahan, serta mempersingkat waktu dalam melakukan proses perekrutan.  

Sumber:

Wie, L.S & Untung, V. (2001). Analisis dan perancangan sistem pakar dalam perekrutan karyawan pada PT. Sharp Yasonta Indonesia. Skripsi: Universitas Bina Nusantara. 

diakses melalui:
http://thesis.binus.ac.id/Asli/a/LBM2001-0066.pdf  pada tanggal 2 Januari 2014, pukul 12:15.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar