Komunikasi melalui Internet


Dengan hanya bermodalkan komputer dan koneksi internet kita bisa melakukan komunikasi jarak jauh dengan gratis dengan orang lain baik itu teman, kerabat, saudara, handai taulan, orangtua, anak, pacar, suami, isteri, rekan kerja, klien, dan lain-lain. Internet tidak hanya berfungsi sebagai sumber informasi saja, namun juga sebagai alat komunikasi yang cukup efektif dan efisien. Akses internet yang menjangkau kota sampai ke pelosok desa lewat internet tanpa kabel semakin membuat banyak orang tertarik untuk mempelajari internet.
Sebenarnya dengan handphone pun kita bisa berkomunikasi jarak jauh dengan orang lain baik melalui pesan suara maupun layanan pesan pendek serta lewat layanan internet yang bisa diakses melalui handphone / hape / ponsel kita. Namun karena tarif layanan komunikasi lewat hp masih dirasakan mahal serta adanya keterbatasan kekuatan daya tahan batere handphone, maka tidak ada salahnya kita mengetahui cara berkomunikasi lewat internet melalui komputer dan laptop / notebook / netbook berikut di bawah ini :

1. Email
Cara ini bekerja layaknya kita mengirim surat dan menerima surat lewat pos. Namun surat yang kita kirim maupun terima dapat sampai hanya dalam hitungan detik saja, sehingga kita bisa berbalas-balasan pesan dan waktu yang cukup cepat. Jika email kita dan orang lain disatukan dalam layanan grup milis (mailing list) maka kita dan orang lain yang terdaftar dapat mengirim satu email ke banyak orang sekaligus dan menerima email otomatis dari anggota lain yang terdaftar.
Contoh penyedia layanan email : yahoo, google, dsb.
Contoh penyedia layanan milist : yahoogroups, google group, dsb.

2. Chatting
Jika kita hobi ngobrol, maka cara ini cukup efektif karena lebih mirip dengan ngobrol biasa karena kita bisa berbicara empat mata maupun beramai-ramai dalam satu tempat bicara secara langsung lewat bahasa tulisan teks.
Contoh penyedia layanan chatting : server irc publik, yahoo messenger, msn messenger, dan sebagainya.
3. Telepon Internet
Jika akses internet kita dan lawan bicara kita cukup cepat dan stabil, maka kita bisa gunakan layanan telepon online baik dengan menginstall suatu program khusus terlebih dahulu maupun langsung berteleponan lewat fitur khusus dari website tertentu. Yang pasti kita minimal butuh mic dan speaker agar bisa mengirim suara dan mendengar suara dari lawan bicara kita.
Contoh penyedia layanan telepon internet : skype, yahoo messenger, dsb.

4. Situs Web Jejaring Sosial
Cara berkomunikasi yang satu ini sedang ngetrend saat ini karena kita bisa terhubung langsung dengan teman-teman kita yang sudah terdaftar sehingga kita bisa mengetahui apa yang teman kita pesankan secara luas serta mengomentarinya. Kita pun juga bisa membuat pesan pribadi dengan pengguna lain dan melakukan chatting dengan pengguna lain. Namun semua itu tergantung fitur penyedianya karena tidak semuanya memerikan layanan yang sama lengkap.
Contoh penyedia layanan situs jejaring sosial : salingsapa, friendster, facebook, twitter, dan lain-lain.

5. Forum Internet

Dengan forum kita bisa membuat suatu topik bahasan pada kategori yang sesuai dan kemudian anggota yang lain bisa memberikan komentar secara langsung dengan membuat kutipan dari obrolan yang sudah ada. Sebenarnya lebih mirip dengan chatting namun berbasis web, bisa menampilkan file lampiran gambar dan video secara langsung, bisa membuat kutipan, bisa berkomunikasi dengan pesan pribadi antar dua pengguna, dan lain-lain.
Contoh penyedia layanan forum : kaskus, detik forum, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Manfaat dari Komunikasi Interaktif via Internet

Pada mulanya Internet berawal sebagai media komunikasi dan apa pun bisnisnya membutuhkan komunikasi, entah itu oral, visual, maupun tekstual antara pihak-pihak yang terlibat. Walaupun beberapa dari jenis komunikasi ini diotomatisasi oleh komputer, namun tanpa hal itu suatu bisnis tidak dapat tumbuh.
Ciri utama dari jenis komunikasi dasar di Internet adalah; e-mail, chat, dan News, ini semua adalah aplikasi yang sering digunakan dan di masa depan hal ini pun akan tetap nomor satu digunakan. Ketiga itu sebenarnya adalah replika dari hal yang sering digunakan di era pra-internet.
Online chat tidaklah baru bila dibandingkan dengan normal chit-chat, namun Internet memungkinkan cara baru berkomunikasi, dan sekarang masalahnya adalah bagaimana kita dapat membuat nilai tambah pada teknologi baru dan inovatif ini. Teknologi ini tidak memberikan solusi baru yang radikal, namun mengintegrasikan teknologi yang ada untuk meningkatkan keefektifan berkomunikasi.
Aplikasinya dapat digunakan dalam tiga hal :
Ø  Cara berinteraksi dengan kastemer dan leads
Walaupun komunikasi umum antara perusahaan dan kastemer dilakukan melalui surat biasa, telepon atau e-mail dan faks, namun cobalah berikan kastemer Anda suatu elayanan yang lain dan lebih baik dan hemat biaya apabila harus menggunakan Sambungan telepon jarak jauh atau Internasional.
Ø  Cara berinteraksi dengan mitra bisnis
Ø  Online meeting
Referensi:

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar