Planet Terbesar dan Planet Terindah, Jupiter dan Saturnus


Pada blog  kali ini, saya ingin bercerita  mengenai Tata Surya. Tetapi lebih spesifikasi kepada Planet Jupiter dan Planet Saturnus.  Seperti yang kita ketahui bahwa di tata surya kita terdapat bermacam-macam benda langit, seperti: Matahari, Planet, Meteor, Komet, dan benda-benda langit lainnya.Namun saya lebih tertarik untuk menjelaskan beberapa hal mengenai Planet Jupiter dan Planet Saturnus.



Planet Jupiter merupakan planet kelima dari tatanan planet yang ada di tata surya. Planet Jupiter adalah planet  terbesar dan terberat dengan diameter ekuatornya 14.980 km dan memiliki massa 318 kali massa Bumi. Jupiter diperkirakan terdiri dari inti yang padat dengan campuran unsur-unsur, lapisan sekitarnya terdiri dari metalik hidrogen cair dengan beberapa helium, dan didominasi lapisan luar dari mol. Sedangkan Saturnus merupakan Planet yang terindah dan termegah dibandingkan dengan delapan planet lainnya. Saturnus juga dikenal sebagai ‘Planet cincin’ karena memiliki cincin yang mengelilinginya dan hal itu juga lah yang merupakan daya tarik tersendiri dari Planet Saturnus tersebut. Planet Saturnus memilikidiameter ekuator 120.536 km, dan merupakan planet kedua terbesar setelah Jupiter. Namun, diameter kutubnya 10 persen lebih kecil yang disebabkankomposisi Saturnus didominasi oleh gas dan berotasi cukup cepat (kurang dari 11 jam).

Planet Jupiter dan Planet Saturnus memiliki beberapa persamaan. Salah satunya adalah memiliki cincin. Namun cincin Planet Jupiter lebih redup daripada cincin Planet Saturnus sehingga tidak begitu terlihat jika dilihat menggunakan teleskop dari bumi. Cincin Jupiter terbentuk dari materi yang gelap kemerah-merahan.  Jika dilihat dari letaknya, cincin Jupiter berada dalam batas Rosche, sangat dekat dengan planet itu sendiri. Pada area ini satelit yang ada akan hancur akibat gaya gravitasi planet. Hal ini mengindikasikan bahwa cincin Jupiter terbentuk dari satelit yang gagal.

Cincin Jupiter terdiri dari beberapa komponen, yaitu:
1.      Cincin Halo.
Merupakan bagian terdalam berupa awan tebal yang berada pada jarak 92.000 – 122.500 km dari inti Jupiter
2.      Cincin Utama
Merupakan cincin yang lebih tipis dan sempit yang berada pada jarak 122.500 – 128.940 km dari pusat Jupiter dengan ketebalan30 km dari atas ke bawah.
3.      Cincin Gossamer
Merupakan cincin yang paling redup.
Terdiri atas dua bagian yaitu Almathea dan Thebe.

Sedangkan Cincin Saturnus dikelompokkan menjadi tujuh lapis, namun pengamat dari Bumi hanya dapat mengenali tiga lapis cincin yang mengelilingi Saturnus. Ketiga cincin itu (dari luar ke dalam) umumnya disebut sebagai Cincin A,B,C. Cincin saturnus sangat lebar. Cincin A dan b-nya sekitar 14.600 km dan 25.500 km. Cincin itu terlihat seperti lembaran padat yang terbentuk dari jutaan potongan es yang mendesing mengelilingi planet dengan kecepatan tinggi.

Itulah beberapa hal yang bisa saya jelaskan mengenai kedua planet ini. Planet terbesar dan juga planet terindah di tatanan Tata Surya yaitu Planet Jupiter dan Planet Saturnus.


Referensi/Sumber: Buku Fisika (Erlangga dan Yudisthira) SMA kelas XI dan Wikipedia.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar